Hasil Survei Naga

Saya iseng menghabiskan weekend saya untuk melakukan sedikit survei tentang naga. Saya penasaran, kira-kira, dalam pikiran orang, naga apa yang dianggap paling kuat? Naga apa yang paling bijak? Naga apa yang paling berkesan? Maka dengan muka tembok, saya serbulah secara acak manusia-manusia di media sosial.

Masih banyak yang belum menjawab, namun saya rasa cukup segini, toh polanya sudah agak terlihat, lagipula ini bukan survei akademis. Iseng aja. Begini hasilnya.

strongest

Dari 78 data masuk. Pada bagian Naga Terkuat, posisi pertama diduduki oleh Smaug dengan suara 12%, sementara posisi kedua diduduki bersama dengan perolehan suara 8% oleh naga berikut: Acnologia, Ancalagon, Jormungandr, dan Shen Long.

The Wisest

Sementara pada bagian Naga Terbijak, dipimpin dengan telak oleh Paarthurnax yang mencapai suara 23%, dibelakangnya Bahamut dan Shen Long dengan masing-masing memperoleh 7%.

most memorable

Gelar naga yang paling berkesan, diraih dengan suara 15% oleh Smaug, dibuntuti oleh Shen Long dari Dragon Ball Z dengan 11%, lalu dibuntuti oleh Fafnir, Bahamut, dan Alduin dengan suara masing-masing 7%.

Dari semua nama naga yang disebut saat survei, ada dua yang sama-sama paling banyak disebut. Yang satu naga dari timur, yang satu dari barat. Yang satu dari serial televisi animasi, yang satu dari film yang diangkat dari buku. Shen Long dari Dragon Ball Z, dan Smaug dari The Hobbit. Kemudian disusul bersama-sama oleh Bahamut dan Paarthurnax, lalu ada Alduin mengejar di belakang.

most mentioned

Kesimpulan seadanya dari data seadanya:

Kepopuleran seekor naga, mampu membuatnya terlihat paling kuat. Ancalagon, naga terbesar dalam dunia ciptaan JRR Tolkien baru mampu dikalahkan dengan kapal Earendil yang dipersenjatai oleh Silmaril langsung, itupun dibantu pula dengan burung Manwe. Sementara Smaug yang hanya digugurkan oleh seorang manusia, mampu meraih posisi pertama naga terkuat.

Meskipun sama-sama paling banyak disebut dalam survei, Shen Long dari seri Dragon Ball Z tercinta gagal menjadi pemuncak kategori manapun. Seiring waktu ingatan-ingatan masa kecil akan tergerus dengan terus datangnya hiburan-hiburan baru dalam berbagai bentuk. Tapi, satu keunggulan Shen Long dibanding Smaug adalah Shen Long berhasil dominan masuk ke setiap nominasi yang ada, bahkan ke nominasi Naga Terbijak, meski masih kalah dengan Paarthurnax dari Skyrim.

Sementara itu, Paarthurnax bisa dibilang memiliki karakter yang paling kuat dan spesifik. Dibandingkan dengan naga-naga lain dalam kategori masing-masing, Paarthurnax memuncaki naga terbijak dengan telak. Ia duduk di puncak gunung, memimpin para Greybeards. Menghabiskan sisa hidupnya merenungi kejahatan masa lampau, bertanya, “What is better  –  to be born good, or to overcome your evil nature through great effort?”

Salah satu tujuan saya melakukan survei ini adalah mencari referensi naga-naga untuk dipelajari, dan dijadikan sebagai model dasar untuk pengembangan konsep naga saya pribadi. Dengan ini saya sekarang mulai memiliki sedikit bayangan tentang naga-naga seperti apa yang akan saya ciptakan untuk proyek ke depan. Ada baiknya jika saya mempertimbangkan kembali niat untuk menciptakan konsep naga terkuat lalu mengalihkan fokus penciptaan ke naga-naga yang berkesan.

Terima kasih.

Advertisements

2 thoughts on “Hasil Survei Naga

  1. Sebenarnya ada lebih banyak lagi yang kepingin ditulis masih disimpan di kepala. Tapi saya terlalu malas untuk ngetiknya hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s