Jurnal Mamam

Dulu, awal-awal mulai lari. Salah satu hal yang membangkitkan motivasi adalah pencatatan. Perekaman data-data setiap lari dapat membuat saya menjadi semangat karena jadi tertantang untuk mengalahkan catatan pribadi diri sendiri sebelumnya. Lalu saya mau iseng coba melakukan pencatatan, manual, pada apa-apa yang saya konsumsi selain air putih. Dalam konteks makan umumnya semakin sedikit semakin bagus, semakin tidak konsumtif, semakin hemat. Sementara itu dalam konteks intermittent fasting, jarak antara makan terakhir dalam satu hari ke makan pertama hari berikutnya semakin jauh semakin baik. Ternyata, setelah dicatat, ternyata parah, saya masih makan terlalu banyak. Banget. Ada rekan kerja bilang, Meulaboh ini bikin gemuk, sejak pindah ke sini, ia dan satu rekan kerja lain, jadi menggelembung. Haha, mungkin karena memang minim hiburan, sehingga manusia-manusia beralih ke makanan.

Ternyata, setelah dicatat, ternyata parah, saya masih makan terlalu banyak. Banget. Ada rekan kerja bilang, Meulaboh ini bikin gemuk, sejak pindah ke sini, ia dan satu rekan kerja lain, jadi menggelembung. Haha, mungkin karena memang minim hiburan, sehingga manusia-manusia beralih ke makanan.

Berikut merupakan Jurnal Mamam yang saya mulai sejak 11 April 2016 hingga malam ini 16 April 2016:

11 April 2016

0900

2 bakwan minta ke farhan

1247

1 piring lontong sayur

1 gelas kopi susu

1330

1 botol youc1000 mg vit c

–Jarak 1330 ke 0800 = 18,5 jam—

12 April 2016

0800

1 bungkus nasi gurih telur lado

1 risol minta ke syuban

1 gelas teh manis

0930

1 bakpau minta ke pak erwin

2 kue basah minta ke pak erwin

1 serabi minta ke pak erwin

1330

1 yakiniku bento

1 twisty

1 mocha float

–1330 ke 0830 = 19 jam–

13 April 2016

0830

1 porsi lontong pecel

1 bakwan

0900

1 nestle crunch

2 tablet vitacimin

1 yakult

1241

1 mie tiauw + kerupuk

1 es teh manis

1320

1 es campur

–Jarak 1320 ke 0815 =  18 jam 55 menit–

14 April 2016

0815

1 nasi gurih telor ceplok

1 gelas sanger

1 cheddar mini kraft

2 tablet vitamin c

1100

2 permen tamarind

3 nestle crunch

1 tablet vitamin c

1230

1 piring nasi pecel + ikan

1 es jeruk minta ke zainul

1530

1 plastik kerupuk

1 buah oreo minta ke Bu Rusni

1800

1 ciki cikian rasa keju minta ke Syubban

1 yakult minta ke syubban

1900

1 piring nasi lemak sulo sulo

1 botol frestea

–1900 ke 0800 = 13 jam–

15 April 2016

0800

3 gelas kopi pahit

7 macam kue

0930

1 porsi lontong pecel

1200

2 tablet vitamin c

1400

1 sari roti keju

1 soyjoy kacang

1 botol niu milk tea

1830

1 piring nasi goreng bumbu penyet

1 gelas jus wortel susu

–1830 ke 0910 = 14 jam 40 menit–

16 April 2016

0910

1 botol youc1000 mg vit c

0945

1 botol pocari sweat

1030

1 piring nasi gurih telor mata sapi

1 gelas sanger dingin

1230

1 permen green tea

1700

5 gorengan

1 botol nutriboost milk orange

1 botol frestea

1800

1 botol kiyora matcha

1830

Secuil abon solo minta ke Farhan

2200

1 piring serabi keju cokelat

1 piring mie aceh pake telur

1 gelas ice chocolate vanilla

—–

Umumnya manusia melakukan intermittent fasting dengan pola 16/8, yakni 16 jam puasa, 8 jam makan. Tapi susah plek banget begitu. Kalau lagi malas, saya bisa sampai 24 jam gak makan. Ya malas aja. Tapi kalau lagi sibuk, atau stress, atau karena dikasih makanan, ditawarin makanan orang, yah gitu deh mumpung gratis, maka biasanya start puasapun jadi saya undur. Silakan cari tahu sendiri tentang intermittent fasting, sudah malam, saya malas ngetik, yah, intinya macam ocdnya om deddy sih.

 

Advertisements